Mengenai Saya

Foto saya
jakarta, jakarta pusat, Indonesia

Rabu, 29 Februari 2012

Debian GNU / Linux + DVD

Debian GNU / Linux + DVD

Buku Debian GNU / Linux + DVD sengaja saya tulis untuk menambah literatur bagi Anda yang ingin mendalami distribusi Debian GNU/Linux dan Ubuntu. 

Bagi seorang system administrator, upgrade ke rilis terbaru adalah hal yang menakutkan karena dikhawatirkan beberapa aplikasi tidak berhasil di-upgrade. Dengan Debian, konsistensi dari sebuah paket terus terjaga sehingga proses upgrade ke rilis terbaru akan berjalan dengan sempurna. Dan ini sudah penulis buktikan sendiri di server debianindonesia.org.

Pembahasan di dalam buku ini mencakup Instalasi Debian GNU/Linux, Instalasi paket software, sistem file GNU/Linux, Linux shell, konsep dasar jaringan, server berbasis GNU/Linux (DNS server, mail server, FTP server, DHCP server, Samba server, OpenLDAP, web server), koneksi Internet, membangun blog dengan wordpress/Joomla/drupal, pemrosesan kata, manajemen user, kompilasi kernel, K Desktop Environment, keamanan dasar Debian GNU/Linux, membangun repository lokal Debian, sistem boot, stream dan sed, pengolahan grafik dengan command line, partisi hard disk,  editor GNU/Linux serta Tex/LaTeX. 
Daftar isi bisa dilihat di Blog Penulis 

Penjelasan untuk tiap bab-nya sebagai berikut:
Bab 1 membahas tentang:
Apa itu sistem operasi, GNU software, kernel Linux, tokoh-tokoh di balik GNU/Linux (RMS, LBT), free documentation, distribusi GNU/Linux, Debian Free Software Guidelines (DFSG), Debian Social Contract (BSC), Struktur keanggotaan Debian seperti user, kontributor, maintainer serta developer, Sejarah singkat Debian GNU/Linux, Penjelasan setiap rilis Debian, dll.
Bab 2 membahas tentang instalasi Debian GNU/Linux dengan mode GUI.
Bab 3 membahas tentang instalasi paket software baik  biner maupun dalam bentuk kode sumber. Juga pada bab ini terdapat cara bagaimana meng-upgrade Debian dari rilis stabil sebelumnya ke rilis stabil yang terbaru dalam hal ini dari Debian Lenny ke Debian Squeeze. Juga bagaimana menginstal software menggunakan synaptic (tinggal klik sana sini dan software telah terinstal dengan sempurna).
Bab 4 membahas tentang sistem file GNU/Linux. pembahasan materi mencakup manajemen file, struktur file GNU/Linux, mengubah hak akses sebuah file/direktori, bagaimana membundel & mengompres file/direktori, bagaimana membagi (split) file, mencari file dan direktori, membandingkan beberapa file, dst.
Bab 5 membahas tentang Linux shell. Pembahasan materi mencakup alasan mengapa shell masih dipertahankan oleh sistem UNIX dan variannya termasuk GNU/Linux, serta perintah-perintah yang dapat digunakan pada shell serta fungsi dari setiap perintah tersebut tersaji pada bab ini (crontab, dll).
Bab 6 membahas tentang konsep dasar jaringan. Pembahasan materi mencakup sistem pengabelan, konfigurasi IP untuk router, server dan klien.
Bab 7 membahas tentang server berbasis Debian GNU/Linux. Pembahasan materi untuk bab ini bagi penulis adalah yang paling menarik dari keseluruhan bab yang ada. Pembahasan mencakup konsep dan implementasi sebuah DNS, webserver, pembatasan akses ke website dengan password – authconfig dan juga proses autentikasi menggunakan direktori LDAP sehingga setiap user yang ingin mengakses sebuah website harus mengisi user dan password terlebih dahulu, HTTPS(implementasi enkripsi TLS/SSL), analisis trafik web server dengan webalizer & Awastats, konsep dasar FTP server dan implementasi menggunakan vsftpd+openSSL, konsep dasar email dan implementasi mail server, Mailscanner, squirrel web mail, horde, akses email dari outlook/kmail/mail macintosh, mail server monitoring dengan Mailgraph, server monitoring dengan munin, OpenLDAP direktori, autentikasi akses ke direktori samba dengan menggunakan OpenLDAP direktori, bagaimana melindungi anak saat berselancar di dunia maya dengan menggunakan squid web proxy, pembatasan jam akses internet,  dan masih banyak lagi.
Bab 8 membahas tentang teknologi untuk akses internet seperti CSD, GPRS, PDP context, protokol-protokol untuk packet switch (PS) seperit Gb interface, IuPS interface , bagaimana penggunaan AT command serta konfigurasi Debian untuk akses internet termasuk di dalamnya berbagi koneksi Internet.
Bab 9 membahas tentang bagaimana membangun weblog/blog dengan menggunakan CMS seperti wordpress,joomla dan drupal.
Bab 10 membahas tentang pemrosesan kata dengan menggunakan Abiword.
Bab 11 membahas tentang manajemen group, user dan hak akses.
Bab 12 membahas tentang bagaimana mengompilasi kernel
Bab 13 membahas tentang KDE yang di dalamnya mencakup Iceweasel webrowser, chatting di GNU/Linux, Dolphin File manager, Feed Reader dengan akregator, memainkan musik dengan amarok.
Bab 14 membahas tentang keamanan dasar Debian GNU/Linux yang di dalamnya mencakup update keamanan, koneksi SSH dengan menggunakan autentikasi kunci publik, pembatasan akses hanya untuk akun tertentu saja, secure file transfer, login ke sistem tanpa menggunakan password dan digantikan dengan kunci publik, dst.
Bab 15 membahas tentang Debian Repository. Materi dalam bab ini juga cukup menarik karena berisi penjelasan bagaimana membangun sebuah repository Debian dan bisa diakses oleh siapa saja saat hendak meng-update/upgrade serta menginstal software.
Bab 16 membahas tentang sistem boot seperti LILO dan GRUB
Bab 17 membahas tentang stream dan sed.
Bab 18 membahas tentang pengolahan grafik dengan comman line
Bab 19 membahas tentang partisi hard disk
Bab 20 membahas tentang editor VI dan emacs.
Bab 21 membahas tentang LaTeX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar