Mengenai Saya

Foto Saya
jakarta, jakarta pusat, Indonesia

Sabtu, 18 Februari 2012

Cara Membersihkan Pc Dari Debu/Kotoran

Cara Membersihkan Pc Dari Debu/Kotoran

Meskipun Anda bekerja pada lingkungan sangat bersih, cepat atau lambat PC Anda akan berdebu. Debu adalah musuh utama PC. Debu menghalangi aliran udara, sehingga sistem menjadi lebih panas dan kurang andal. Debu merupakan pengikat panas, yang bisa menyebabkan komponen mengalami panas berlebih sehingga mempersingkat umur perangkat. Debu menyebabkan kipas berputar lebih cepat (dan lebih keras) supaya sistem tetap dingin. Debu bisa membuat permukaan berkarat. Oleh karena itu, jangan Anda meremehkan debu.
Tentu saja, sebagian besar lingkungan kita jauh dari sangat bersih. Jadi tidak hanya melindungi perusahaan Anda dari para penyusup keamanan, membersihkan perangkat komputer secara rutin juga berperan besar dalam menjaga performa system Anda. Berikut adalah cara supaya perangkat Anda bebas dari debu dan berfungsi secara optimal. Memang membersihkan PC mungkin bukanlah pekerjaan yang paling menarik atau menantang, tapi bisa meningkatkan performa dan masa pakai PC Anda.
Ada baiknya Anda membuat jadwal untuk membersihkan semua sistem pada jaringan secara rutin. Dengan demikian, user bisa lebih senang dan lebih produktif, perangkat yang rusak dan diganti juga lebih sedikit, dandowntime lebih jarang.

Bersihkan Eksterior
Menjaga lingkungan tetap bersih dengan menggunakan kuas dan vacuum cleaner akan membantu mengurangi jumlah kotoran yang masuk ke dalam PC. Meskipun Anda bisa melakukan bersih-bersih dengan menggunakan kuas dan vacuum cleaner biasa, akan lebih mudah jika Anda melakukannya dengan tool yang tepat. Anda bisa membeli tambahan buat vacuum cleaner yang didesain untuk membersihkan PC.
Tambahan tersebut cukup kecil sehingga bisa masuk ke celah yang sempit, dan juga didesain untuk mengurangi aliran udara sehingga aman bagi PC. Banyak ahli juga menyarankan supaya tidak meletakkan PC di lantai karena di situlah debu biasanya berada. Bersamaan dengan menjaga lingkungan, bersihkan eksteriorcasing PC, lubang ventilasi, dan port I/O secara rutin. Anda bisa menggunakan lap kering untuk menghilangkan debu, dan lap basah untuk membersihkannya. Jika permukaan menjadi lengket,bersihkan dengan lap katun yang dibasahi dengan alkohol. Untuk menghilangkan debu dan kotoran dari lubang ventilasi, gunakan vacuum cleaner.
Casing monitor juga harus mendapatkan perawatan yang sama: hilangkan dan bersihkan debunya. Dan jangan lupa untuk membersihkan debu yang terdapat pada lubang ventilasi monitor. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner portable untuk melakukannya.

Bersihkan Layar Monitor
Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan permukaan layar buat menghilangkan sidik jari, debut, dan/atau kotoran lainnya. Selalu semprotkan cairan pembersih ke kain, jangan menyemprotkannya langsung ke layar. Jika Anda menggunakan LCD, gunakan produk yang didesain untuk itu dan jangan menekan layar terlalu kuat.

Bersihkan Keyboard dan Mouse
Klip kertas, staples, rambut, dan makanan bisa masuk ke bawah tombol keyboard sehingga mereka tidak bisa berfungsi dengan baik. Keyboard menjadi kotor dan sulit ditekan jika ada partikel asing yang masuk ke celah tombol. Gunakan vacuum cleaner dan alkohol/air untuk membersihkan debu dan komponen yang kotor.
Mouse juga bisa menjadi cepat kotor. Bersihkan permukaan dan kabelnya dengan lap. Untuk mouse yang menggunakan rollerball, keluarkan bola dan bersihkan. Anda bisa menggunakan lap katun yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan roller di dalam mouse. Supaya mouse laser atau optical tidak lambat dan tetap responsif, geser-geser ke atas-bawah untuk membersihkan debu dan lap bagian kontakdi bawah mouse.

Buka Casing
Buka casing dan siapkan kaleng semprotan angin. Hilangkan semua debu dan bersihkan bagian internal PC untuk menghilangkan debu dan partikel lainnya. Jangan lewatkan power supply dan kipas serta heatsink CPU, yang sangat rentan terhadap debu. Kipas dan heatsink adalah yang paling penting dan juga paling sulit. Jika prosesor kepanasan bisa membuat sistem tidak respon, dan bahkan bisa merusak processor itu sendiri. Anda bisa menggunakan kuas atau vacuum cleaner untuk menghilangkan tumpukan debu.
Cara cepat dan mudah untuk membersihkan heatsink adalah dengan menggunakan kaleng semprotan angin, tapi kadang kurang bersih terutama jika heatsink sangat berdebu. Jika memang demikian, maka cara alternatif adalah lepas dulu kipasnya. Jangan lupa untuk mencabut perangkat yang ada ketika membersihkannya dengan cairan dan biarkan sampai benar-benar kering. Seperti biasa, ketika bekerja dengan bagian dalam PC, jangan lupa untuk menghindari arus statis.

Jalankan Pembersih CD/DVD
Seperti halnya sistem audio, drive CD-ROM/DVD bisa dibersihkan dengan tool dan/atau disc tertentu. Ini berguna terutama jika Anda bekerja pada lingkungan yang berdebu.

Bersihkan Drive Floppy
Oke, Anda memang sudah jarang sekali melihat drive floppy. Namun, jika sistem Anda kebetulan mempunyainya, jangan lupa untuk membersihkannya. Memang agak susah dijangkau, tapi Anda bisa menahan pintu drive dengan ujung pena dan gunakan vacuum cleaner untuk menghisap debunya. Jika drive sangat kotor, Anda bisa menghilangkan debu dengan mengunakan kaleng semprotan angin sebelum memvakumnya. Tutup floppy jika memungkinkan supaya debu tidak masuk ke drive.

Jalankan Tape Pembersih
Jika sistem Anda mempunyai drive tape, jalankan tape pembersih supaya head tape tetap bersih.

Gunakan Penutup
Gunakan penutup keyboard, CPU, dan monitor ketika system tidak digunakan supaya debu tidak masuk. Jika sistem tidak digunakan sehari penuh dan lebih sering dimatikan, tutup plastik bisa mencegah debu dan kotoran masuk. Namun, hati-hati jangan sampai Anda menutup sistem yang sedang menyala karena itu akan menghambat aliran udara, yang bisa menyebabkan sistem rusak karena kepanasan.

Gunakan Pelindung Tegangan

Banyak pelindung tegangan yang dibiarkan tergeletak begitu saja di lantai. Debu, remah-remah makanan, dan bahkan klip kertas bertebaran di sekitarnya. Debu yang terkumpul di situ bisa menyebabkan kebakaran. Cabut pelindung tegangan dari outlet listrik dan bersihkan sebelum memasang PC kembali.

Bersihkan Printer
Printer sering kali terlewatkan ketika membersihkan PC, tapi mereka juga butuh sedikit perawatan. Namun, tentu saja setiap jenis printer membutuhkan perawatan yang berbeda. Lihat panduan dari pabrikan sebelum membersihkan printer Anda. Printer laser harus disemprot angin setiap kali toner diganti. Banyak printer yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Jika punya Anda demikian, bersihkan head printer sesuai petunjuk dari pabrikan.
Tips Trick diatas bisa membantu komputer anda menjadi lebih maksimal, dikarenakan hambatan kinerja perangkat yaitu debu telah hilang.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar